Jasa Penerjemah
Kualitas dan Layanan yang ramah adalah Prioritas kami, by. Mitra One

Mudahnya Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan Brazil

Posted by Mitra One on Jumat, 04 April 2014

Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan Brazil dengan Cepat dan Super Simple

Legalisasi Dokumen di Kedutaan Brazil

“Bagi anda yang hendak melakukan legalisasi dokumen di Kedutaan Brazil untuk keperluan seperti: prasyarat study atau belajar di negara brazil, pekerjaan, Ijin Tinggal, baik keperluan personal maupun Perusahaan (Corporate), tidak ada salahnya untuk membaca ulasan artikel berikut…”

Perlu di Ingat…!!! Bahwa dalam melakukan Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan Brazil dibedakan menjadi 2 dokumen, yakni dokumen yang bersifat sipil atau personal (resmi) dan dokumen yang bersifat umum atau Corporate. Terus, apa yang menjadi perbedaan dari kedua dokumen tersebut…?

Proses legalisasi Dokumen di Kedutaan Brazil untuk dokumen yang bersifat sipil atau personal (resmi) seperti, akte kelahiran, surat keterangan single, buku/ akte nikah, ijazah dsb. Diharuskan dan perlu adanya legalisasi dari Instansi seperti Legalisasi dari Kampus, Legalisasi dari Kantor Catatan Sipil ataupun KUA (Kantor Urusan Agama), dan Legalisasi dari Kementerian (Kementerian Hukum dan Ham beserta Kementerian Luar Negeri), untuk kemudian setelah salah satu proses legalisasi yang disebutkan diatas selesai, barulah dokumen dapat apply atau masuk untuk di Legalisasi di Kedutaan Brazil.

Sedangkan untuk dokumen yang bersifat umum atau corporate seperti surat referensi kerja, surat tugas dari perusahaan, ataupun surat bisnis yang lain, proses legalisasi dokumen di Kedutaan Brazil bisa dikatakan sangat mudah dan cepat dibandingkan dengan proses legalisasi dokumen yang pertama. Hal ini dikarenakan, proses legalisasi dokumen untuk jenis ini hanyalah atau cukup dengan dinotariskan saja untuk kemudian baru dimasukan atau aplly ke Kedutaan Brazil. Adapun untuk pemakaian Legalisasi Notaris adalah Notaris yang dipersyaratkan dan sudah terdaftar di Kedutaan Brazil.

Terus…, selain proses di atas, apakah terdapat perbedaan yang lain untuk melakukan proses legalisasi dokumen tersebut…?

Untuk perbedaan, tentunya ada dan perbedaan yang paling urgent dari proses legalisasi dokumen untuk masing-masing jenis tersebut adalah pada dokumennya. Dimana untuk proses legalisasi dokumen yang bersifat resmi sipil/ personal diperlukan adanya pengesahan dari seorang penerjemah tersumpah, artinya dalam hal ini diperlukan adanya dokumen terjemahan tersumpah. Untuk dokumen terjemahan tersumpah, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, Portugis ataupun Bahasa Spanyol. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan pengesahan atau legalisasi dari Instansi Kementerian.

Sedangkan untuk dokumen yang bersifat umum atau corporate tidak dibutuhkan adanya pengesahan dari penerjemah tersumpah. Akan tetapi mengacu pada dokumennya (dokumen asli), apabila dokumen hendak dipergunakan di luar negeri/ di Negara Brazil nantinya, maka dokumen asli diharuskan untuk atau sudah berbahasa Inggris, Spanyol ataupun Portugis.

Untuk kendala, apa ada kendala atau masalah dalam proses legalisasi dokumen di Kedutaan Brazil…?

Kendala atau masalah yang dialami atau perlu disiapkan dalam proses legalisasi dokumen di Kedutaan Brazil, diantaranya: Payment/ Administration Fees, dimana pada saat melakukan pembayaran kita akan diinformasikan dan ditunjukan untuk melakukan pembayaran pada bank yang terdapat di kantor tersebut, dimana mata uang yang digunakan adalah US Dollars. Artinya kita harus melakukan registrasi atau pihak bank akan memberikan beberapa arsip yang harus diisi oleh kita, sebagai proses persetujuan untuk melakukan transfer dengan mata uang asing, karena hal tersebut merupakan prasyarat baru yang diterapkan oleh pihak bank. Adapun bagi mereka yang melakukan pembayaran atas nama CV atau PT akan dimintakan nomor rekening dan NPWP atas nama PT dan CV tersebut. Sedangkan bagi mereka yang melakukan pembayaran bukan atau tidak atas nama CV atau PT, cukup menunjukan kepada pihak bank nomor rekening dan ktp yang sesuai atau opsi terakhir hanya menyerahkan ID card (SIM atau KTP) saja untuk kemudian dari pihak banklah yang mengurus semuanya. Adapun yang menjadi sedikit masalah adalah waktu dalam proses yang dilakukan oleh pihak bank tersebut membutuhkan waktu paling cepat adalah 1-2 jam, sedangkang layanan yang tersedia di Kedutaan Brazil hanya tersedia dan melayani sampai dengan Pukul 11.00 saja. Artinya…, kita harus berpacu dengan waktu.

Demikianlah seklumit tentang proses dan prosedur dalam melakukan legalisasi dokumen di Kedutaan Brazil…Semoga Bermanfaat.

“….Salam Sukses Selalu….”

Mitra Penerjemah

Reference by. http://mitrapenerjemah.com/mudahnya-proses-legalisasi-dokumen-di-kedutaan-brazil/ ‎ 

Blog, Updated at: 18.35

0 komentar:

Posting Komentar

Hubungi Kami


Mitra Penerjemah-Online

021-36130748
082123532858
email.
mitrapenerjemah@yahoo.com
www.mitrapenerjemah.com

Promo

Popular Posts

Archive

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format